PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 TELUK SINGKAWANG TEBO

HASBIANI, HASBIANI and Sanjaya, Budi and Wulanda, Mastarita Nova (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 TELUK SINGKAWANG TEBO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 TELUK SINGKAWANG TEBO)
HASBIANI_208173107.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berasis kontekstual untuk siswa kelas VII SMP Negeri 15 Teluk Singkawang Tebo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian kelayakan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual. Model pengembangan yang digunakan diadaptasikan dari model pengembangan Plomp dengan lima fase yakni fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes evaluasi, dan revisi, serta fase implementasi. Kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Validasi bahan ajar berupa modul memperoleh hasil analisis validitas oleh ahli materi didapat dengan rerata 4,40. ahli desain dengan rerata 4,81, dan ahli bahasa dengan rerata 4,80. Dengan rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu pada kriteria “Sangat Valid”. Berdasarkanrespon guru dan siswa terhadap modul yang dikebangkan terdapat penilaian pratikalitas oleh guru dengan rerata 4,31 pada rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu “Sangat Praktis”. Dan hasil respon siswa terhadap pratikalitas dan efektifitas modul pembelajaran dengan rerata 4,45 pada rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu “Sangat Praktis” dan “Sangat Efektif”. Dengan demikian, hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dikatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengembangan Modul Matematika, Kontekstual, Plomp
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:50
Last Modified: 17 Nov 2021 03:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10006

Actions (login required)

View Item View Item