PENERAPAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Ulzana, Risna and Anwar, Kasful and Kurniawan, Yudi (2021) PENERAPAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Media Google Classroom Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi Selama Masa Pandemi Covid-19)
201172394_Penerapan Media Google Classroom Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi Selama Masa Pandemi Covid-19.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang ada didalam skripsi ini adalah untuk mengetahui Penerapan dari penggunaan sebuah media E-Learning berbasis Google Classroom yang hampir dilakukan oleh seluruh guru di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi khususnya pada pembelajaran Akidah Akhlak selama masa Pandemi Covid-19. Dalam skripsi ini peneliti akan membahas mengenai penerapan dari media Google Classroom serta untuk mengetahui Faktor-faktor yang dialami selama penggunaan media Google Classroom pada masa Pandemi Covid-19, serta solusi apa saja yang dapat diberikan oleh kepala sekolah dan guru mata pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk mengatasi faktor-faktor dari penggunaan media Google Classroom. Sedangkan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 teknik penggumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan Analisis datanya menggunakan model interactive model yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pembelajaran Akidah Akhlak yang menggunakan media Google Classroom selama pembelajaran daring, serta peserta didik kelas VIII D sebagai pelaku pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom. Sedangkan Hasil penelitian Penerapan Media E-Learning Berbasis Google Classroom Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi Selama Masa Pandemi Covid-19. Dapat disimpulkan bahwa selama proses pembelajaran menggunakan media Google Classroom tidak berjalan dengan Efektif, karna masih banyak terdapat faktor-faktor yang megendalai selama penerapan media Google Classroom baik dari dalam (Internal) maupun dari luar (Eksternal), akan tetapi penerapan atau penggunaan media Google Classroom sendiri merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan dilembaga pendidikan pada saat masa pandemi saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penerapan, Google Classroom, Pandemi covid-19
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:55
Last Modified: 17 Nov 2021 03:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10005

Actions (login required)

View Item View Item